Penggunaan Media Komunikasi Dalam Penyampaian Pesan Tentang Stunting pada Mahasiswa Non Kesehatan

Susiana Dewi Ratih, Ratih Agustin Prikhatina, Ratna Mutu Manikam

Abstract


Stunting adalah  kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Penyampaian informasi pada masyarakat menjadi penting, mengingat  RPJMN 2020-2024 penekanan angka stunting ditargetkan menjadi 19% pada 2024 dari 27.7 % data riset nasional tahun 2019. Salah satu upaya untuk membantu turunnya angka stunting adalah dengan pemberian edukasi melalui berbagai media komunikasi. Metode yang digunakan yaitu dengan membuat video penyuluhan oleh mahasiswa S1 Gizi sebagai komunikator dan di unggah di Youtube. Pesan yang disampaikan adalah informasi tentang stunting, komunikan (responden) adalah mahasiswa dari program studi non kesehatan. Umpan balik diperoleh melalui pengisian kuesioner sebelum dan sesudah menonton video  yang disebarkan melalui Whattapps. Data dianalisis untuk mengetahui perbedaan  pemahaman sebelum dan sesudah menonton video penyuluhan. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Responden yaitu mahasiswa prodi non kesehatan  Universitas MH. Thamrin Jakarta dan Universitas Singa Perbangsa Karawang. Hasil penyuluhan memperlihatkan ada perbedaan signifikan pemahaman responden dan kenaikan nilai test sebelum dan sesudah menonton video penyuluhan.  Penyuluhan menggunakan video yang di unggah di Youtube dapat digunakan sebagai media dalam penyampaian pesan tentang stunting. Untuk selanjutnya diharapkan bisa dikembangkan video dan kuesioner yang lebih menarik dan lebih komunikatif, serta lebih melibatkan mahasiswa dalam kegiatannya.

Kata Kunci: Stunting, Penyuluhan, Media Komunikasi.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, S., S, Siregar & R, Dewi. 2020. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Tentang Pencegahan Stunting Di Desa Cinta Rakyat. Jurnal Ilmiah Kebidanan Imelda, 6(1), 44-49.

Arsyati, A, M. 2019. Pengaruh Penyuluhan Media Audiovisual Dalam Pengetahuan Pencegahan Stunting Pada Ibu Hamil Di Desa Cibatok 2 Cibungbulang.Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 2(3), 182-190.

Balnaves, M, S.H. Donald & B. Shoesmith. 2009. Media Theories & Approaches. A Global Perspectives. Palgrave, Macmillan. New York.

Hayes, A.E. 2005. Statistical Method For Communication Science. Lawrence Erlbaum Associates, Publisher. London.

Kementerian Kesehatan RI. 2020. Profil-Kesehatan-DKI-Jakarta-Tahun-2019.

Paramita , Anisa. 2012. Faktor Faktor Yang Berhubungan dengan kejadian Stunting pada Balita usia 25 -60 bulan di kelurahan kali baru Depok 2012. Skripsi. Universitas Indonesia. Jakarta.

Rehusisma, L.A, S. E. Indriwati, E. Suarsini. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Bookletdan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 2 Nomor: 9 Bulan September Tahun 2017 Halaman: 1238—1243. Pascasarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v3i1.431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Susiana Dewi Ratih, Ratih Agustin Prikhatina, Ratna Mutu Manikam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats