Pelatihan Penggunaan Aplikasi SILPPM Pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Universitas Mohammad Husni Thamrin

Rano Agustino, Abu Sopian, Nur Asniati Djaali, Agus Wiyatno, Mohammad Ikhsan Saputro

Abstract


Ditengah marak nya perkembangan aplikasi teknologi informasi pada saat ini memberikan dampak yang baik dari berbagai aspek. Ada beberapa aspek yang telah terpengaruh dari perkembangan aplikasi teknologi informasi salah satunya adalah administrasi dalam suatu organisasi atau lembaga. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami akan memanfaatkan aplikasi teknologi informasi untuk mendukung adminisitrasi dalam pendataan pada Lembaga Penelitian dan Pegabdian kepada Masyarakat (LPPM) pada Universitas Mohammad Husni Thamrin (UMHT) agar dapat dikerjakan dengan menggunakan aplikasi atau program. Aplikasi atau program Sistem Informasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (SILPPM) diharapkan dapat meningkatkan kinerja pada LPPM dalam hal pendataan data dosen. Dalam melakukan perekaman atau pendataan dalam hal kegiatan yang berhubungan dengan LPPM seperti kegiatan Penelitian, Publikasi Artikel dosen, Karya Ilmiah dan yang lain nya. Untuk menerapkan aplikasi SILPPM kepada LPPM UMHT maka diperlukan sosialisasi ke pengguna atau user agar aplikasi ini dapat digunakan sebgaimana mestinya. Oleh sebab itu perlu diadakan kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan tujuan untuk mengsosialisasikan aplikasi SILPPM ke admin atau pengguna Karyawan LPPM dengan memberikan pelatihan yang sesuai dengan modul (buku panduan) yang sudah disiapkan terlebih dahulu.

Full Text:

PDF

References


Agustino, R., Widodo, Y. B., Wiyatno, A., & Saputro, M. I. (2020). Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Universitas Mohammad Husni Thamrin. Jurnal Jaring SainTek, 2(1), 1-12.

Djaali, N. A., Usman, S., Agustino, R., & Simaibang, F. H. (2020). Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Melalui Sosialisasi Potensi Bahaya di Sekolah. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 2(1), 34-43.

Fitriansyah, A., Sibuea, S., & Agustino, R. (2019). Cara Belajar Efektif Bagi Siswa Dengan Metode Trance Learning Berbasis Teknologi Multimedia. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 1(2), 41-47.

Sopian, A., Agustino, R., & Wiyatno, A. (2020). Perancangan Aplikasi Surat Menggunakan Framework Codeigniter Dan Bootstrap Pada LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, 6(2), 47-62.

Dalis, S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Web. Paradigma-Jurnal Komputer dan Informatika, 19(1), 1-8.

Hasugian, P. M., Manurung, J., Marpaung, J. F., & Tarigan, R. Z. (2018). PKM: Pelatihan Pemrograman Dasar Bagi Siswa/i RPL di SMK Methodist 8 Medan. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 1(1, Mei), 1-6.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v3i1.421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rano Agustino, Abu Sopian, Nur Asniati Djaali, Agus Wiyatno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats