Pendampingan Pembentukan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di SMP Negeri 4 Klari Kab. Karawang Jawa Barat

Nur Asniati Djaali, Susiana Dewi Ratih, Frenta Helena Simaibang

Abstract


Meningkatnya jumlah perokok pada remaja usia sekolah dapat disebabkan oleh rendahnya pengetahuan dan kesadaran remaja tentang bahaya rokok. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengendalikan jumlah perokok, termasuk pada remaja, adalah dengan menerapkan “kawasan bebas rokok” di SMPN 4 Klari, Karawang dengan membentuk Duta Anti Rokok di sekolah. Tujuan dari kegiatan  ini adalah (1) meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mahasiswa tentang bahaya merokok dan risiko penyakit akibat merokok; (2) memberikan soft skill (komunikasi) kepada siswa dalam rangka melaksanakan kampanye anti rokok di sekolah; (3) memilih beberapa siswa sebagai "duta anti rokok". Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMP Negeri 4 Klari, Karawang, Jawa Barat dengan melibatkan 50 siswa sebagai calon "duta anti rokok" di sekolahnya; (4) deklarasi Sekolah “Kawasan Anti Rokok”. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan, pelatihan komunikasi, simulasi kampanye anti rokok melalui audisi “duta anti rokok”, dan deklarasi sekolah kawasan tanpa rokok. Hasilnya partisipan memahami konsep bahaya merokok dan risiko penyakit akibat merokok, yang terlihat pada perbedaan yang signifikan pada hasil pretest dan posttest. Kampanye dan audisi “duta anti rokok” memilih 10 duta anti rokok yang siap menjalankan tugasnya dalam menerapkan “zona tanpa rokok” di sekolah

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, A., & Nopianto, N. (2017). Determinan Perilaku Merokok Pada Remaja. Jurnal Endurance, 2(1), 25-30.

Azkha, N. (2013). Studi efektivitas penerapan kebijakan perda kota tentang kawasan tanpa rokok (ktr) dalam upaya menurunkan perokok aktif di Sumatera Barat tahun 2013.

Fitriani. (2011). Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hutapea, C. E., Rumayar, A. A., & Maramis, F. R. (2017). HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN TINDAKAN TERHADAP KEBIJAKAN KAWASAN TANPA ROKOK PADA SISWA DI SMP KRISTEN TATELI. KESMAS, 6(3).

Indonesia, M. K. d. M. D. N. R. (2011). Peraturan Bersama Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 188/Menkes/Pb/I/2011 Nomor 7 Tahun 2011. Jakarta.

Notatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka CIpta.

Nuradita, E. (2013). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan tentang bahaya rokok pada remaja di SMP Negeri 3 Kendal. Jurnal Keperawatan Anak, 1(1).

Pertiwi, C. M. P., Engkeng, S., & Asrifuddin, A. (2019). Pengaruh Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Merokok Pada Pelajar Laki-Laki Di Smk Negeri 2 Kota BitunG. KESMAS, 7(5).




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v1i1.380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nur Asniati Djaali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats