Pengujian Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK Jakarta Raya 3

Yohanes Bowo Widodo

Abstract


Untuk mengetahui penguasaan teknik pembuatan produk Multimedia pada siswa SMK dengan kompetensi keahlian multimedia, perlu dilakukan pengujian. Uji kompetensi keahlian multimedia dilakukan untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap teknik-teknik pembuatan efek yang ada pada perangkat lunak multimedia, dan kreatifitas siswa dalam membuat produk multimedia sesuai dengan topik yang diberikan.

Produk multimedia yang diujikan meliputi video animasi bergerak, dan poster statis. Siswa diminta membuat rancangan gambar poster dan video bergerak dengan beberapa tema yang diberikan. Tema yang diberikan antara lain, “Siswa SMK peduli korban bencana”, “Siswa SMK peduli anti Hoax”, “Siswa SMK menyongsong era revolusi industry 4.0”. Penilaian terhadap hasil rancangan dikelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu “Cukup kompeten” bila nilai akhir adalah 7,0 – 7,9, “Kompeten” bila nilai akhir 8.0 – 8.9 dan “Sangat Kompeten” bila nilai akhir 9,0 – 10.

Dari 18 orang siswa SMK yang diuji, didapatkan hasil sebagai berikut: Siswa dengan klasifikasi “Cukup kompeten” sejumlah 3 orang atau 17%, Siswa dengan klasifikasi “Kompeten” sebanyak 10 orang atau 55%, dan siswa dengan klasifikasi “Sangat Kompeten” sebanyak 5 orang atau 28%.


Full Text:

PDF

References


Irwanti, Y. D., & Sudira, P. (2014). Evaluasi uji kompetensi siswa keahlian multimedia di SMK se-Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3).

Ditama, V., Saputro, S., Saputro, C., & Nugroho, A. (2015). Pengembangan multimedia interaktif dengan menggunakan program adobe flash untuk pembelajaran kimia materi hidrolisis garam sma kelas xi. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(2), 23-31.

Musthofa, M. U., Suswanto, H., & Nyoto, A. (2017). Kontribusi Kemandirian Belajar, Fasilitas Belajar, dan Prestasi Belajar Kompetensi Keahlian Terhadap Kinerja PKL Siswa SMK Kompetensi Keahlian Multimedia di Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(11), 1550-1560.

Priandana, V. F. D., & Asto B, I. (2015). pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbantuan software macromedia flash pada kompetensi dasar menerapkan macam-macam gerbang dasar rangkaian logika di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1).

Dewi, A. C., & Surjono, H. D. (2016). Pengembangan Modul Elektronik Pada Mata Pelajaran Produktif Kompetensi Etimologi Multimedia Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan. E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika), 5(6), 13-19.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v1i1.377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yohanes Bowo Widodo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats