Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk Lokal di Era Online

Helena Louise Panggabean, Danarti Hariani, Herni Pujiati, Hasan Basri, Rinto Rivanto

Abstract


Desa Sukadamai merupakan desa di Bogor yang menjadi sentra pelaku UMKM yang cukup potensial untuk dikembangkan. Bisnis yang ada antara lain usaha pembuatan sepatu bayi, usaha pertanian dan usaha peternakan. Kendala yang dihadapi oleh UMKM Sukadamai adalah pemasaran produk yang masih dilakukan secara konvensional sehingga hanya bisa menjangkau pasar lokal saja, manajemen usaha yang masih tradisional menyebabkan hasil produksi belum mencapai harapan dan belum mampu bersaing, permodalan yang masih terbatas untuk meningkatkan kualitas produk. Masalah lainnya adalah minimnya pelaku usaha yang menggunakan digital marketing karena terbatasnya pengetahuan tentang digital marketing. Permasalahan ini dapat diatasi dengan memberikan pengetahuan tentang pentingnya penguasaan digital marketing dalam dunia usaha. Sehubungan dengan hal tersebut, tim pengabdian masyarakat universitas Muhammad Husni Thamrin melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk Lokal di Era Online”. Tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan praktis tentang pemasaran digital. Kegiatan berjalan dengan baik, diikuti secara antusias oleh peserta. Hal ini dapat dilihat dari kehadiran dan banyaknya pertanyaan dan diskusi serta keinginan peserta untuk memperbaiki pengelolaan usaha mereka. Harapan peserta agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan oleh Universitas Mohammad Husni Thamrin, karena melalui kegiatan ini dapat menambah pengetahuan mereka khususnya dalam pemasaran digital.


Full Text:

PDF

References


Afianti, Y, Ramadhani, NA, Rahmi, AR, & ... (2023). Pemasaran Digital Efektif Dalam Platform Tokopedia: Studi Kasus. Journal Of …, jcs.greenpublisher.id, https://jcs.greenpublisher.id/index.php/jcs/article/view/455

Amarta, CD, Wardaya, A, Nugroho, AV, & ... (2022). Strategi Pemasaran Digital dan Kualitas Produk untuk Mendapatkan Pelanggan Setia. Jurnal Pendidikan …, jptam.org, https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4799

Aulia, R, Dewita, SA, Afrina, W, & Nofirda, FA (2023). Analisis Strategi Pemasaran Digital yang Efektif dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing di Industri E-commerce. Jurnal Pendidikan Tambusai, jptam.org, https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/12086

Balaka, MY, Kuswinardi, JW, Wilyadewi, IIDAY, & ... (2023). Aplikasi Mobile dalam Pemasaran Digital: Analisis Literatur tentang Pengaruhnya terhadap Keuangan dan Strategi Pemasaran Bisnis. Jurnal Pendidikan …, jptam.org, https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/10002

Fahira, DN, Agustina, E, & Qurhtuby, M (2021). Digital Marketing Implementation: Implentasi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Industri Di Kelurahan Tangkerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, jptam.org, https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1958

Ismail, H (2023). Strategi Pemasaran Digital Pengaruhnya terhadap Pertumbuhan Bisnis di Era Digital. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, journal.yazri.com, https://journal.yazri.com/index.php/emis/article/view/38

Magdalena, H, & Santoso, H (2021). Sosialisasi pemasaran digital bagi pelaku industri rumahan di kabupaten Bangka Tengah. Jurnal Abdidas, abdidas.org, https://www.abdidas.org/index.php/abdidas/article/view/429

Omar, FI, Zan, UMSM, Hassan, NA, & ... (2020). Pengaruh pemasaran digital terhadap prestasi usahawan perusahaan kecil dan sederhana. E-Jurnal Penyelidikan …, ejpi.kuis.edu.my, https://ejpi.kuis.edu.my/index.php/ejpi/article/view/53

Pitaloka, LK, & Kardoyo, K (2023). Membuka Pintu Pasar Digital: Pelatihan Pemasaran Digital untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM Olahan Pangan di Salatiga. Madaniya, madaniya.pustaka.my.id, https://www.madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/559

Sari, AR, Murbayani, M, & Asirah, A (2024). Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Volume Penjualan. Innovative: Journal Of Social …, j-innovative.org, http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/9021

Sasmita, RPH, Adyantari, A, & ... (2022). Pengembangan Pemasaran Digital Pada UMKM Binaan Gereja Katolik Santo Aloysius Gonzaga Mlati Yogyakarta. Jurnal …, … -indonesia.azramediaindonesia.com, http://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/sabangkaabdimas/article/view/329

Sholikhatin, SA, Fitrianingsih, W, & ... (2022). Pelatihan Strategi Pemasaran Digital Bagi Komunitas Digital Marketer Purwokerto. SELAPARANG: Jurnal …, 112.78.38.8, http://112.78.38.8/index.php/jpmb/article/view/10360

Silitonga, PDP, Rikki, A, & ... (2023). Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Promosi Objek Wisata Samosir. CITRA ABDIMAS: Jurnal …, publisher.yccm.or.id, https://publisher.yccm.or.id/index.php/cab/article/view/85

Soekandar, AJ, & Pratiwi, P (2023). Difusi Inovasi untuk Keberlanjutan Bisnis Ritel Kecil: Strategi Pemasaran Digital. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi …, ejurnal.provisi.ac.id, https://ejurnal.provisi.ac.id/index.php/JIMEB/article/view/596

Sudirjo, F, Purwati, T, Widyastuti, W, Budiman, YU, & ... (2023). Analisis Dampak Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Perspektif Industri E-commerce. Jurnal Pendidikan …, jptam.org, https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/7422

Sugiyanti, L, Rabbil, MZ, Oktavia, KC, & Silvia, M (2022). Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM. Masarin, jurnalbima.id, https://jurnalbima.id/index.php/masarin/article/view/197

Wahyudi, W, Mukrodi, M, Sugiarti, E, & ... (2022). Mengenal pemasaran digital dan market place: Solusi meningkatkan penjualan di masa pandemi covid-19. Jurnal PKM …, ojs.pseb.or.id, https://ojs.pseb.or.id/index.php/pkm/article/view/237




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v6i1.2137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Helena Louise Panggabean, Danarti Hariani, Herni Pujiati, Hasan Basri, Muhammad Ridwan Effendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats