Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Soft skill Pada SMK Islam Darurrohman Kabupaten Bekasi

Nurul Ariffaeni Islami, Irfan Afriantoro, Pujiharta Pujiharta, Rensi Suryanti

Abstract


Abstract

Soft skills are very important in addition to academic knowledge. Soft skills are also non-technical abilities such as being able to think critically and time management. In the world of work, companies are not only looking for prospective employe with good hard skills but also for the soft skills they have. This is very important to be socialized and give knowledge to students in high school because they are the future successors of the nation who will enter the world of lectures and work, to improve their quality. One thing that can be done is the Community Service Training (PKM) activity entitled 'Improving the Quality of Human Resources Through Soft skill Training' where the participants of this activity consist of students from SMK Islam Darurrohman  Kabupaten Bekasi. The methods given are briefing, presentation, discussion, case study, and final evaluation. This activity aims to provide understanding and mastery of soft skills to improve the quality of human resources. The result of this activity concluded that this activity was very helpful for participants in increasing their understanding and awareness of improving soft skills.

 

Keywords: Soft Skill, Human Resource, and HR Quality Improvement

 

Abstrak

Soft skill adalah sesuatu hal yang sangat penting disamping dengan pengetahuan akademik. Soft skill juga merupakan kemampuan yang bersifat non teknis seperti mampu berpikir kritis dan manajemen waktu. Di dunia pekerjaan, perusahaan tidak hanya mencari seseorang calon karyawannya dari kemampuan hard skill yang bagus tetapi juga dilihat dari soft skill yang dimilikinya. Hal ini sangat penting disosialisasikan dan diberikan pengetahuannya kepada siswa/siswi di sekolah tingkat menengah atas karena mereka merupakan calon penerus bangsa yang akan masuk ke dunia perkuliahan dan juga pekerjaan, untuk peningkatan kualitas diri mereka. Salah satu yang bisa dilakukan adalah kegiatan Pelatihan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bertajuk ‘Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Soft skill’ dimana peserta kegiatan ini terdiri dari siswa/siswi SMK Islam Darurrohman  Kabupaten Bekasi. Metode yang diberikan adalah pengarahan, presentasi, diskusi, studi kasus dan evaluasi akhir. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penguasaan soft skill untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. Hasil dari kegiatan ini menyimpulkan bahwa kegiatan ini sangat membantu peserta dalam peningkatan pemahaman dan kesadaran mereka dalam peningkatan soft skill.

 

Kata Kunci: Soft skill, SDM dan Peningkatan Kualitas SDM

Full Text:

PDF

References


Notoatmodjo, Soekidjo, 2003. “ Pengembangan Sumber Daya Manusia”, Rineka Cipta, Jakarta.

Sein, M.T, 2009.“ Sumber Daya Manusia Konsep yang Berubah Sepanjang Sejarah ”, Prisma Voll 11, Jakarta.

Freshka Hasiani. S dan Dewi, 2015. “Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Pelalawan’, Jom FEKON Vol. 2 No. 2 Oktober 2015.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v5i2.2063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Irfan Afriantoro, Nurul Ariffaeni Islami, Pujiharta Pujiharta, Rensi Suryanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats