Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Kepala Sekolah dan Guru PAUD Kecamatan Angsana Kabupaten Pandeglang

Sopiah Sopiah, Asep Irwansyah, Akmad Subkhi Ramdani, Putri Ratih Puspitasari

Abstract


Pergantian kurikulum akan berpengaruh dalam pengelolaan satuan pendidikan dan akan di rasakan oleh para guru serta kepala sekolah.  Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dapat melaksanakan Kurikulum merdeka tetapi sifatnya belum di wajibkan. Penyusunan kurikulum merdeka beriringan dengan konsep merdeka belajar.  Kerangka dasar dan struktur kurikulum perlu di perhatikan dalam penyusunan kurikulum merdeka. Profil Pelajar Pancasilamerupakan tujian dari pendidikan Nasional yaitu (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; (2) mandiri; (3) bergotong royong; (4) berkebinekaan global; (5) bernalar kritis; (6) kreatif. Acuan dan kerangka Standar Nasional pendidikan yang di maknai dalam struktur kurikulum, assesmen, serta prinsip pembelajaran serta capaian pembelajaran.  Capaian pembelajaran, Assesment, prinsip pembelajaran, struktur kurikulum hasil dari pembahasan dari acuan dan kerangka standar Nasional Pendidikan. Penguatan Profil pancasila dalam kurikulum merdeka, struktur kurikulum merupakan kegiatan intrakulikuler. Tiga elemen dalam capaian pembelajaran Kulikurum merdeka yaitu (1) Nilai Agama dan Budi Pekerti; (2) Jati Diri, (3) Dasar-Dasar Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Seni.Kurikulum Merdeka dapat dikembangkan melalui minat dan bakat anak yang memudahkan   guru (memberi kebebasan dan memudahkan) dan siswa (beradaptasi dengan lingkungan sekitar) serta Kurikulum Merdeka memiliki perangkat ajar yang dapat mengurangi beban dan mewujudkan pembelajaran maksimal sehingga peran guru sebagai perancang modul dan fasilitator dalam memberikan pembelajaran berjalan secara maksimal.

Kata Kunci: Implementasi Kurikulum Merdeka, Guru, Kepala Sekolah


Full Text:

PDF

References


Ahiri, J. 2008. Teknik Penilaian Kelas Dalam Pembelajaran. Cet ke-1, Jakarta: UHAMKA PRESS.

Arikunto,Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Cet ke-9, Jakarta: Bumi Aksara.

Bedjo Sujanto. 2007. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah: Model Pengelolaan Sekolah Di Era

Otonomi Daerah. CV Sagung Seto: Jakarta.

Efrida Ita. 2018. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Vol 6 No1: Halaman 45-52. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index

Djaali dan Pudji M. 2008. Pengukuran Dalam Bidang pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.

Djamarah Bahri S. 1994. Prestasi Belajar Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional.

Kunandar. 2007. Guru professional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Edisi I, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada

Nurkolis. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model dan Aplikasi. Grasindo: Jakarta.

Oding Supriadi. 2014. Efektivitas Desentralisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini

(PAUD). Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, Vol.11 No. 1: Halaman 41-50.

Rohiat.2010. Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik Dilengkapi Dengan Contoh Rencana

Strategis dan Rencana Operasional. Bandung: PT Refika Aditama.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang Undang No 5 tahun 2022 tentang standar kompetensi lulusan pada anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, serta jenjang pendidikan menengah

Undang Undang nomor 7 tahun 2022 tentang Standar isi pada anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, serta jenjang pendidikan menengah.

Suparman,Eman. 2001. Manajemen Pendidikan Masa Depan. Tersedia di : http://www.depdiknas.go.id/publikasi/Buletin/Pppg_Tertulis/08_2001/manajemen_pendidikan_masa_depan.html. [30 Agustus 2007

Mahrus, M. (2021). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran dalam Sistem Pendidikan Nasional. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management.

Marwaha, S. (2017). Prevalence of Principles of Piaget’s Theory Among 4-7-year-old Children and their Correlation with IQ. JOURNAL OF CLINICAL AND DIAGNOSTIC RESEARCH.

Matsuroh, M. (2010). Kurikulum Pendidikan Berbasis Multikultural. Millah

Mulyani, F. (2015). Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen ( Kajian Ilmu Pendidikan Islam ). Jurna Pendidikan Universitas Garut, 03(01).

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum,

Nuraeni, N. (2014). STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram.

Rahmadani, F., Suryana, D., & Hartati, S. (2019). Pengaruh Media Sandpaper Letter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Di TK Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD.

Ramelan, H., & Suryana, D. (2021). Analisis Kemampuan Kerjasama Dalam Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v5i2.1981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sopiah Sopiah, Asep Irwansyah, Akmad Subkhi Ramdani, Putri Ratih Puspitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats