Pemberdayaan Organisasi Sekolah Dalam Rangka Gerakan Sekolah Sehat Indonesia Pada Era Digital di SMA Negeri 58 Jakarta

Nur Asniati Djaali, Suhermi Suhermi, Rano Agustino, Citra Citra

Abstract


Peristiwa Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan seluruh dunia selama kurang lebih 2 (dua) tahun memberikan pergeseran besar pada aspek perilaku hidup sehat masyarakat. DKI Jakarta merupakan wilayah yang memiliki tren kenaikan kasus positif yang paling tinggi, per 6 Februari 2022 jumlah kasus terkonfirmasi mencapai 36.057. Hal tersebut memberikan banyak pelajaran dan pengalaman berharga khususnya dalam menjaga kebersihan dan kesehatan dimulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekitar. Siswa sebagai salah satu insan pembelajarpun diharapkan dapat menjadi agen perubahan terkait kesehatan dan perilaku hidup bersih dan sehat. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kontribusi perguruan tinggi dalam memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat khususnya terkait perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah, melakukan pemberdayaan terhadap organisasi sekolah untuk ikut berkontribusi pasca covid-19 dengan memanfaatkan media sosial. Mitra dalam kegiatan ini adalah SMA negeri 58 Jakarta yang terletak di Kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Kegiatan ini menawarkan dua solusi yang saling terkait dalam rangka mengatasi permasalahan mitra. Solusi pertama adalah melakukan pemberdayaan terhadap organisasi sekolah melalui upaya edukasi dan pelatihan kepada sekelompok siswa. Siswa akan diberikan pemahaman dan dilatih untuk melakukan promosi kesehatan terkait dengan perilaku hidup sehat di lingkungan sekolah. Solusi yang kedua adalah akan dikembangkan beberapa konten promosi kesehatan untuk dipublikasikan pada media sosial instagram. Kedua solusi ini akan menghasilkan Duta Kesehatan di sekolah dan akan digunakan oleh pihak sekolah dalam rangka membantu peningkatan kualitas kesehatan siswa sekolah, warga sekolah, serta masyarakat sekitar.

Full Text:

PDF

References


Covid-19, S.T.P., Analisis Data Covid-19 Indonesia. Oktober 2020: Indonesia.

Covid-19, S.T.P., Analisis Data Covid-19 Indonesia. 30 Januari 2022: Indonesia.

Dewi, W.A.F., Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2020. 2(1): p. 55-61.

Aji, R.H.S., Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i.(7), 2020. 5: p. 395-402.

Telaumbanua, D., Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 2020. 12(1): p. 59-70.

Handarini, O.I. and S.S. Wulandari, Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 2020. 8(3): p. 496-503.

Djaali, N.A., et al., Pembentukan Duta Cilik Anti Pelecehan Seksual Melalui Pendidikan Reproduksi Dini Di SDN Bambu Apus 01 Jakarta Timur. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 2019. 1(2): p. 76-86.

Agustino, R. and S. Pertiwi, Membangun Sistem Model Learning Style Inventory Untuk Pencapaian Prestasi Belajar Mahasiswa Program E-Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 2020. 4(2): p. 1-12.

Sopian, A., R. Agustino, and A. Wiyatno, Perancangan Aplikasi Surat Menggunakan Framework Codeigniter Dan Bootstrap Pada LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, 2020. 6(2): p. 47-62

Agustino, R., et al., Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Universitas Mohammad Husni Thamrin: Sistem Informasi LPPM, Sistem Database LPPM, Rancang Bangun LPPM. Jurnal Jaring SainTek, 2020. 2(1).




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v5i2.1963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Asniati Djaali, Suhermi Suhermi, Rano Agustino, Citra Citra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats