Pelatihan Cara Sukses Mengerjakan Soal TOEFL

Akhmad Subkhi Ramdani, Mutmainatul Mardiyah Mardiyah, santhi pertiwi pertiwi

Abstract


Mempersiapkan ujian bahasa seperti TOEFL dinilai sangat diperlukan untuk mencapai daya saing global, khususnya di kalangan siswa SMU/K sebagai salah satu persyaratan masuk bagi calon mahasiswa baru di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta.  Dalam persiapan ini, mereka membutuhkan banyak komitmen, usaha, belajar mandiri, dan dedikasi.  Belajar untuk persiapan ujian TOEFL merupakan suatu tantangan, terutama jika calon peserta ujian belum memiliki penguasaan bahasa yang bagus. Jadi mempersiapkan peserta didik untuk ujian TOEFL membutuhkan pemahaman mendalam tentang bahasa dan tips dari pelatih.

Tujuan diadakannya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk mendorong siswa agar berani dan termotivasi mengikuti tes TOEFL dan secara aktif melatih kemampuan bahasa Inggris mereka untuk mempersiapkan kompetisi global di masa depan.

Metode yang digunakan dalam kegiatan PkM ini adalah dengan menggunakan prinsip learning by doing dan audio lingual method yang meliputi diskusi, tanya jawab, latihan dan pemecahan masalah yang berkaitan dengan sesi-sesi yang ada pada ujian TOEFL.

Solusi permasalahan pada mitra yang kami tawarkan adalah: 1) memberikan pelatihan berupa cara mengerjakan soal-soal TOEFL dengan tepat dan cepat; 2) memberikan tips dan arahan kepada siswa bagaimana mereka tetap semangat dan termotivasi dalam belajar mempersiapkan ujian TOEFL. 

Adapun target luaran yang diharapkan dari Program Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah Artikel ilmiah yang dipublikasikan melalui Jurnal Nasional terakreditasi ber-ISSN.

Pelatihan dalam kegiatan ini diberikan selama 3 minggu di bulan Oktober, sebanyak 6 kali pertemuan, 2 kali seminggu dengan alokasi waktu 3 jam/pertemuan.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dibagi menjadi tiga tahapan yang disesuaikan dengan materi pelatihannya.

 


Full Text:

PDF

References


Bobosher Kizi, S. S. (2022). Audio-Lingual Method in Teaching Language and Its Benefits and Drawbacks. International Journal Of Literature And Languages, 02(05), 29–32. https://doi.org/10.37547/ijll/volume02iss ue05-06

Fitria, T. N., & Prastiwi, I. E. (2020). Pelatihan tes Toefl (Test of English Foreign Language) untuk siswa SMK/SMA, mahasiswa, dosen dan umum. Jurnal Budimas, 02(02), 43–49.

Hayne W. Reese, 2011, The Learning-by-Doing Principle, Behavioral Development Bulletin, VOL. 11, 2011. West Virginia University.

Iskandarwassid. 2010. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosda Karya.

J. Harmer. (2007). The Practice of EnglishLanguge Teaching: 4th Edition. Cambridge:Pearson Education.

Juliana, J., & Dwi Suci Amaniarsih. (2020). Peningkatan Pengetahuan dan Pemahaman Siswa SMA Nurul Hasanah terhadap Tes Berbahasa Inggris Toefl.JurnalSOLMA,9(1),143–155. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4877

Razmalia, A., & Gani, S. A. (2017). Students’ Strategies in Taking TOEFL Listening Test. Research in English and Education Journal, 2(4), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v5i2.1933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Akhmad Subkhi Ramdani, Mutmainatul Mardiyah Mardiyah, santhi pertiwi pertiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats