Analisis Pengaruh Sosial Media dan Packaging Produk Terhadap Peningkatan Penjual Peyek Mak Eha di Online Shop
Abstract
Pada era perkembangan industri digital, banyak sekali UMKM yang bermunculan dan berkembang beriringan dengan inovasi digital. UMKM menjadi salah satu bidang usaha yang mudah dikembangkan oleh masyarakat, terutama masyarakat daerah untuk membuat suatu produk dengan ciri khas dari asal daerah yang mereka tempati. Peyek Mak Eha, menjadi salah satu bentuk UMKM yang membuat produk khas desa Malangsari Kecamatan Pedes dengan memanfaatkan media sosial sebagai media untuk promosi. Tak hanya itu, Peyek Mak Eha membuat suatu ciri khas dari produk mereka dengan mengubah Packaging dari produk agar terlihat berbeda dengan produk pesaing dan lalu kami menjual hasil dari inovasi tersebut kedalam e-commerce Shopee sebagai media penjualannya. Kami menggunakan metode dengan sosialisasi serta pendekatan langsung kepada pelaku usaha sehingga pelaku usaha menyetujui ide kami untuk memperluas pangsa pasar dari Peyek Mak Eha ini. Dari hasil tersebut, kami memperoleh trend positif dalam penjualannya dengan mengalami beberapa peningkatan penjualan yang cukup signifikan.
Full Text:
PDFReferences
Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 181. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i2.1251
Santia, T. (2022, August 8). 9,5 Juta UMKM Sudah Masuk Ekosistem Digital hingga Juni 2022. Liputan 6. Retrieved from https://www.liputan6.com/bisnis/read/5036387/95-juta-umkm-sudah-masuk-ekosistem-digital-hingga-juni-2022
Septiyadi, A. L., & Dirgantara, I. M. B. (2021). Pengaruh Atribut Kemasan (Packaging) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik Emina. Diponegoro Journal of Management, 10(4), 1–14. Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 1–31.
Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746
Wahyudi, T., R, B. H., & Sarmo, S. (2019). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN REMAJA KOTA MATARAM PADA PEMBELIAN PRODUK FASHION SHOPEE ONLINE SHOP. Jurnal Riset Manajemen, 1–7.
Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). DIGITAL MARKETING. Edulitera.
Widagdo, P. B. (2016). Perkembangan Electronic Commerce (E-Commerce) di Indonesia, (December), 1–10. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/311650384
DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v5i1.1459
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ultach Enri, Chaerur Rozikin, Yuyun Umaidah, Hannie Hannie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.