Penerapan Talents Mapping Digital Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Al Hikmah Jakarta

Eka Satryawati, Mohammad Ikhsan Saputro, Fenty Tristanti Julfia

Abstract


Memilih jurusan kuliah bukanlah hal sembarangan karena memerlukan pertimbangan sesuai minat, bakat, dan pandangan di masa depan. Tak jarang jika asal-asalan memilih bisa berakibat salah jurusan atau kurang menikmati kuliah.

Menurut ahli Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF), Irene Guntur menyebutkan bahwa sebanyak 87 persen mahasiswa di Indonesia salah jurusan.
Lantas mengapa banyak mahasiswa salah jurusan? berikut alasannya dikutip dari laman WEduShare, : (1). Mengikuti Teman; (2). Terlalu Banyak Menerima Saran; (3). Karena Penawaran Beasiswa; (4). Alasan Orang Tua, Pertimbangan orang tua sangat penting karena mereka memiliki pengalaman yang belum dimiliki siswa. Namun, hal terpenting siswa bisa memilih jurusannya sendiri berdasarkan minat dan tekadnya untuk mempelajari suatu hal; (5). Kurang mengenal Bakat, Minat dan Potensi. Alasan ini menjadi kunci dari kesalahan jurusan yang diambil sehingga siswa memilih jurusan dengan alasan lain seperti diatas.

Dampak dari kesalahan jurusan ini adalah masa kuliah menjadi lebih lama , membutuhkan usaha yang lebih keras untuk menyelesaikan tugas kuliah. Setelah lulus merasa tak memiliki skil yang mumpuni yang sesuai dengan jurusan yang dipilih.

Seiring berkembangnya pengetahuan tentang pengembangan manusia (people development), berkembang pula teori-teori tentang arti dari bakat (talent). Salah satu yang berkembang terkait hal ini adalah aliran positive psychology.

Talents Mapping adalah Assessment Bakat dan Potensi yang efektif untuk digunakan dalam Manajemen SDM, Team Building, Rekrutmen, Perencanaan Karier dan Pendidikan, hingga untuk Family Relationship dan Parenting. Hal ini karena Talents Mapping dapat memetakan sifat kepribadian seorang manusia dan mengungkap potensi yang dimilikinya. Talents Mapping telah dikenal luas dan digunakan di Pemerintahan, BUMN, Multinasional Company, Inkubator Bisnis dan Komunitas UKM, Perguruan Tinggi dan Sekolah, serta di Komunitas Parenting.

Kegiatan pengadian kepada masyarakat kali ini akan menawarkan 2 (dua) solusi yang saling terkait dalam mengatasi permasalahan mitra Solusi pertama yaitu mengenalkan dan mengedukasi tentang bakat minat dan potensi kekuatan pada siswa dengan cara memberikan pelatihan untuk menggali potensi kekuatan minat dan bakat siswa.  Solusi yang kedua adalah melakukan Asesmen ST 30 kepada siswa untuk melihat sejauh mana siswa mengenal potensi kekuatan dan minat siswa. Siswa akan didampingi dalam melakukan asesmen ini tapi tidak mempengaruhi atau intervensi atau mengarahkan. Pendampingan hanya untuk memastikan siswa mengisi sesuai dengan keadaan siswa yang sebenarnya sehingga hasil asesmen benar dan bisa digunakan sebagai solusi.

Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini akan didiseminasikan menjadi sebuah artikel pada media cetak ataupun elektronik, dan akan diterbitkan pada jurnal pengabdian masyarakat ber ISSN. Selain itu luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini juga berpotensi untuk memperoleh Hak Cipta. Konsep kegiatan ini akan dapat diimplementasikan lebih luas lagi dan menjadi program kebijakan bagi sekolah dan Dinas Pendidikan.

 

Kata kunci : Bakat, Jurusan ,Talents Mapping, Digital


Full Text:

PDF

References


Buckingham, M & Coffman, C. (2004). First, Break All The Rules. New York: Simon & Schuster.

Buckingham, M, & Clifton, D. (2020). Now , Discover Your Strenghts. Gallup Press.

Seligman, Martin,EP .(2011). Flourish : A New Understanding of Happines and Well - Being.The Journal of

Positive Psychology.

Collins, J. (2016) Good To Great : Why Some Companies Make the Leap and Other Dont. NHRD Network

Journal2 (7).

Pradani, TS. (2011). Talent Mapping Assessment Result.Jakarta. Abahrama.com.

Royani, Rama. (2016). Talents Mapping, Inspirasi untuk hidup Lebih Asyik dan Bermakna Jakarta.

Toscabook




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v5i1.1449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eka Satryawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats