Manajemen Pemasaran Lembaga Pendidikan Melalui Digital MAarketing Produk Produk Unggulan SMAN 1 Langkap Lancar

Irpan Ilmi, Isyfi Agni Nukhbatillah

Abstract


Manajemen pemasaran atau marketing management merupakan salah satu manajemen penting yang harus dimiliki aoleh perusahaan atau organisasi, baik itu perusahaan barang maupun jasa. Fungsi manajemen pemasaran berperan sebagai penganalisis, penentu atau pengukur strategi perusahaan dalam memasarkan produknya. Di zaman yang serba digital ini, marketing manajemen tidak dapat dipisahkan dengan istilah digital marketing, yakni pemasaran produk baik barang ataupun jasa melalui berbagai platform digital dengan menggunakan jaringan internet. Digital marketing adalah salah satu cara pemasaran produk yang murah, efektif dan efisien. SMAN 1 Langkap Lancar terletak di jalan Langkaplancar, Lakbok, Cimanggu, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran. Teknik pemasaran lembaga pendidikannya melalui pemberdayaan dibidang kewirausahan. Mereka memiliki berbagai produk unggulan seperti kohe (kotoran hewan), cocopeat, tanaman hidroponik, pupuk cair organik dan aneka makanan kering. Kurangnya kemampuan pemasaran pendidikan melalui digital marketing menjadikan SMAN 1 Langkap Lancar stagnan, produk tidak laku dan tidak terpublikasikan kepada masyarakat luas. Penelitian ini merupakan wujud literatur dari pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan judul: “Workshop Manajemen Pemasaran Lembaga Pendidikan Melalui Digital Marketing Produk-Produk Unggulan SMAN 1 Langkap Lancar”. Kegiatan PKM ini memiliki tujuan memberikan edukasi tentang manajemen pemasaran, kemudian mengenalkan dasar digital marketing kepada para guru, murid dan staf di SMAN 1 Langkap Lancar. Dengan tujuan skill pemasaran digital dapat diterapkan dalam pemasaran pendidikan, sehingga SMAN 1 Langkap Lancar dapat menjadi sekolah yang dikenal, dan menghasilkan manfaat lebih luas lagi untuk masyarakat. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif sedangkan dalam teknik pengumpulan data berdasar pada hasil wawancara, observasi dan dokumentasi fakta dilapangan. Acara berjalan dengan lancar, peserta yang terdiri dari guru dan murid terlihat antusias dalam menyimak penjelasan materi yang diberikan.

 


Full Text:

PDF

References


Achmad, Buchori., D. S. (2010). Manajemen Pemasaran (1st ed.). CV. Linda Karya.

Amirudin, F. (2020, December 16). APK Perguruan Tinggi Rendah, Pemkab Pangandaran Akan Subsidi Uang Kuliah. Detik News, 1. https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5297581/apk-perguruan-tinggi-rendah-pemkab-pangandaran-akan-subsidi-uang-kuliah

Annisa, T. (2022). 12 Jenis Strategi Pemasaran Yang Paling Efektif Beserta Contohnya. https://www.ekrut.com/media/jenis-strategi-pemasaran

Aryani, M. (2021). Analisis Digital Marketing Pada Hotel Kila Di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 22. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4085

Azizah, L. (2022). Business Model Canvas : Contoh, Pengertian, Elemen, Tips. https://www.gramedia.com/best-seller/business-model-canvas/

Bariroh, Z. (n.d.). MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH QITA KOTA MALANG SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN BARU. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Machali 2012, 175–184. ar-rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/alrosikhuun/index

Bayu, D. (2021, February 16). No Title. Sebanyak 86,9% Penduduk Indonesia Beragama Islam. https://dataindonesia.id/ragam/detail/sebanyak-869-penduduk-indonesia-beragama-islam

Elburdah, R. P., Haryoko, U. B., Septiani, F., Maduningtias, L., & Krisyanto, E. (2020). Penyuluhan Manajemen Pemasaran Yang Strategis Dalam Pengembangan Yayasan Nurul Ikhsan. Dedikasi Pkm, 1(1), 121. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6067

Fabiana Meijon Fadul. (2019). Strategi Menurut Para Ahli. 10–24.

Hilary, D., & Wibowo, I. (2021). Pengaruh Kualitas Bahan Baku Dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Pt. Menjangan Sakti. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 9(1). https://doi.org/10.35137/jmbk.v9i1.518

Kominfo. (n.d.). Kominfo : Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. Kominfo.

Kotler, P., Molan, B., Sarwiji, B., & Lane, K. (2009). Manajemen pemasaran / Philip Kotler, Kevin Lane Keller ; alih bahasa, Benyamin Molan ; penyunting bahasa, Bambang Sarwiji (4th ed.). Indeks.

Musanna, A. (2017). INDIGENISASI PENDIDIKAN: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 117–133. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.529

Rahmat Gunawan, Rini Malfiany, & Hamdan Yosep Pane. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Ukm Rempeyek Nok Uus Dengan Video Cinematic Didukung Motion Grafis. Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 14(1), 25–36. https://doi.org/10.51903/pixel.v14i1.416

Subijanto, S. (2007). Program Pendidikan Life Skills Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Di Wilayah Pesisir. In Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 13, Issue 66, pp. 362–378). https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i66.355

Subroto, S. (2011). Etika periklanan.

Sugeng, S. L. P. (2022). Manajemen Marketing Jasa Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(1), 45–57. https://doi.org/10.21009/jmp.v13i1.28335




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v5i1.1363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 irpan ilmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats