Penerapan Teknologi Multimedia Untuk Pelatihan Mengajar Efektif Dengan Metode Hypnoteaching Bagi Guru-guru SMK Respati 01

Yohanes Bowo Widodo, Abu Sopian, Fenty Tristanti Julfia

Abstract


Peran guru sangat penting dalam dunia pendidikan, karena guru bertugas dan bertanggung jawab memotivasi, memfasilitasi, mendidik dan melatih peserta didik. Keberhasilan pengajaran sangat berhubungan dengan kemampuan dan kemauan para guru dalam pelaksanaan tugasnya. Sebagai perancang pengajaran, seorang guru harus mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa terutama untuk mata pelajaran yang kurang diminati siswa. Kegiatan PKM yang dilakukan dapat menambah fasilitas pengajaran sehingga mendukung guru dalam menjalankan tugas dan peran tersebut. Untuk menunjang proses pengajaran guru SMK Respati 01, perlu dilakukan pengembangan metoda pembelajaran yang dapat membuat kelas menjadi lebih menyenangkan bagi siswa. Metode pembelajan ini didukung oleh kemajuan Teknologi Informasi yang relevan, dalam hal ini adalah Teknologi Multimedia yang memadukan komponen teks, suara, gambar static, gambar bergerak yaitu video dan animasi. Keseluruhan komponen tersebut digunakan untuk mendukung metode pembelajaran Hypnoteaching. Hypnoteaching menggunakan teknik hypnosis sehingga pikiran siswa dikondisikan pada keadaan yang mudah dipengaruhi dan mudah mengingat informasi yang disampaikan oleh guru untuk jangka waktu yang lama. Konten multimedia yang akan dikembangkan dapat menunjang penerapan teknik Hypnoteaching oleh guru dalam proses pembelajaran. Tim PKM melakukan pelatihan penggunaan konten multimedia sekaligus pelatihan mengajar efektif dengan metoda Hypnoteaching. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan guru dalam melakukan proses pengajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyerap materi pelajaran supaya prestasi akademis siswa secara umum dapat meningkat.


Keywords


Multimedia; learning; Hypnoteaching; animation video

Full Text:

PDF

References


Asteria, P. V., Rohmah, S.K., & Renhoran, F. Z., (2017). Penerapan Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran Bermain Peran Siswa Kelas V SDN Lidah Kulon IV Kecamatan Lakarsantri Surabaya. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik): Vol. 2 No. 2, 150-155.

Derindo, H. (2013). Penerapan Strategi Pembelajaran Resiprokal Disertai dengan Metode Hypnoteaching pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN Padang. Jurnal Pendidikan.

Diantari, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Hajar, I. (2011). Hypnoteaching. Yogjakarta: DIVA Press.

Hasbullah, & Rahmawati, E. Y. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Formatif: Vol.5 No.1, 83-90.

Nasikin. (2012). Implementasi Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri I Kaliwedi Kabupaten Cirebon). Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.

Navis. (2013). Hypnoteaching Revolusi Gaya Mengajar Untuk Melejitkan Prestasi Siswa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Pratiwi, S. (2013). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Hypnoteaching Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Swasta PAB 6 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jurnal Sasindo (Program Studi Sastra Indonesia FBS Unimed):Vol.2 No.1.

Raharjo, J. A. (2012). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Dengan Metode Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN 01 Jagoan Tahun Ajaran 2010/2011. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Subiyono, & Hamim, N. (2013). Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI di SMP Bina Bangsa Surabaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam vol.1 No.2, 223-245.

Suwanto. (2012). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar Menggunakan Hypnoteaching dan Pendekatan CTL Pada Pokok Bahasan Pecahan di Kelas VII SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Medan: Jurusan Matematika, Unversitas Negeri Medan.

Turasih. (2014). Penggunaan Metode Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Tentang Pecahan pada Siswa Kelas V SDN I Banjarejo Tahun Ajaran 2013-2014. Jurnal Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v2i1.136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yohanes Bowo Widodo, Abu Sopian, Fenty Tristanti Julfia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats