EDUKASI DAN PELATIHAN PEMBUATAN PUDING KELOR SEBAGAI CEMILAN TINGGI ZAT BESI

Armita Athennia, Amiroh Amiroh, I Made Winarta, Kartika Wandini

Abstract


Anemia pada ibu hamil beresiko menyebabkan gangguan kesehatan pada ibu dan bayi. Kasus anemia ibu hamil masih tinggi di Indonesia. Program pemberian tablet tambah darah (TTD) belum bisa menurunkan prevalensi anemia pada ibu hamil. Konsumsi makanan tinggi zat besi dapat menjadi upaya pemenuhan zat besi ibu.  Daun kelor diketahui memiliki kandungan zat besi tinggi. Puding merupakan salah satu variasi mengolah daun kelor yang mudah dilakukan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melakukan pelatihan pembuatan puding daun kelor. Peserta kegiatan ini adalah ibu hamil pada wilayah Puskesmas Kelurahan Kelapa Dua Wetan. Pelaksanaan kegiatan berjalan baik terlihat dengan aktifnya peserta selama proses kegiatan. Melalui kegiatan ini peserta mengetahui akan variasi olahan daun kelor.


Full Text:

PDF

References


Alam, S.P. and Sumarni, N., 2021. Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Perdarahan Postpartum. Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA (JKSP), 4(1), pp.79-84.

Astapani, N., Harahap, D.A. and Apriyanti, F., 2020. Hubungan Cara Konsumsi Tablet Fe Dan Peran Petugas Kesehatan Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Desa Baru Wilayah Kerja Puskesmas Siak Hulu Iii Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Tambusai, 1(2), pp.69-75.

Hidayanti, L. and Rahfiludin, M.Z., 2020. Dampak Anemi Defisiensi Besi Pada Kehamilan: A Literature Review. Gaster, 18(1), pp.50-64.

Karim, U.N. and Dewi, A., 2021. Penyuluhan Dan Pelatihan Pembuatan Makanan Ibu Hamil Dari Daun Kelor Untuk Menunjang Ketahanan Pangan Di Desa Adiarsa Barat Karawang Barat Jawa Barat. Jurnal Dinamika Pengabdian (JDP), 6(2), pp.231-236.

TKPI, 2019. Tabel Komposisi Pangan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v4i1.1321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Armita Athennia, Amiroh Amiroh, I Made Winarta, Kartika Wandini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats