Penggunaan Media Audio Visual Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Remaja Tentang Gizi dan Body Image Di SMA Negeri 8 Depok

Desi Rusmiati, Nur Asniati Djaali

Abstract


Kelompok remaja menjadi salah satu penentu derajat kesehatan masyarakat sehingga mereka harus berada dalam status gizi yang baik. Permasalahan gizi yang terjadi pada remaja dapat ditangani salah satunya dengan cara memastikan bahwa kelompok remaja memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang gizi dan body image. Tujuan dilakukan kegiatan ini adalah Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman remaja tentang gizi, sedangkan secara khusus tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan tentang asupan gizi dan status gizi, meningkatkan pemahaman tentang body image, dan menghasilkan media audio visual sebagai media promosi kesehatan yang tepat dalam upaya peningkatan pengetahuan remaja. Mitra dalam kegiatan ini adalah SMA Negeri 8 Depok yang berlokasi di Wilayah Depok berjarak 35 km dari Universitas mohammad Husni Thamrin, berdasarkan sertifikat nomor 02.00/308/BAP-SM/XI/2016, SMA Negeri 8 Depok memiliki akreditasi A. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan ini adalah melakukan penyuluhan terkait asupan gizi dan body image , dan mengembangkan media audiovisual sebagai mdia yang digunakan dalam melakukan penyuluhan. Dengan dilakukannya kegiatan ini diharapkan terjadi pemahaman yang baik tentang asupan gizi dan body image pada remaja sehingga dapat meningkatkan status gizi pada kelompok remaja.

Full Text:

PDF

References


Almegiri, N. U. (2018). Gambara Pengetahuan Gizi, Asupan Energi, Asupan Protein, dan Status Gizi Remaja di SMP Karya Pembangunan Ciparay.

Astini, N. N. A. D., & Gozali, W. (2021). Body Image Sebagai Faktor Penentu dalam Meningkatkan Status Gizi Remaja Putri. International Journal of Natural Science and Engineering, 5(1), 1-7.

Chifdillah, N. A., & Hazanah, S. (2021). Perbedaan Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audiovisual dan Media Visual Terhadap Pengetahuan Mahasiswa Tentang Covid-19. MMJ (Mahakam Midwifery Journal), 6(1), 14-27.

Doloksaribu, L. G., & Damanik, N. A. B. (2021). GAMBARAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG DAN ASUPAN ZAT GIZI SISWA-SISWI DI SMP NEGERI 2 AIR PUTIH. NUTRIENT Jurnal Gizi, 1(2), 92-97.

Kenanti, I. (2021). Pengaruh pemberian penyuluhan gizi terhadap pengetahuan dan sikap pada remaja putri tentang bahaya obesitas. POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi kesehatan & ilmu perilaku.

Sekti, R. M., & Fayasari, A. (2019). Edukasi gizi dengan media audiovisual terhadap pola konsumsi sayur buah pada remaja SMP di Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(2), https://ojs. yapenas21maros. ac. id/index. php/jika/is-https://ojs. yapenas21maros. ac. id/index. php/jika/ar.

Syakir, S. (2018). Pengaruh intervensi penyuluhan gizi dengan media animasi terhadap perubahan pengetahuan dan sikap tentang anemia pada remaja putri. ARGIPA (Arsip Gizi dan Pangan), 3(1), 18-25.

Wardhani, D. A., Nissa, C., & Setyaningrum, Y. I. (2021). Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri Melalui Edukasi Gizi Menggunakan Media Whatsapp Group. Jurnal Gizi, 10(1), 31-37.

Widianti, N., & Candra, A. (2012). Hubungan antara body image dan perilaku makan dengan status gizi remaja putri di sma theresiana semarang. Diponegoro University.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v4i2.1295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Desi Rusmiati, Nur Asniati Djaali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats