Sosialisasi Literasi Online Tentang Metaverse Indonesia di SMA Angkasa I

Mohammad Narji, Tata Sutabri, M. Amin Zakaria, Yohanes Bowo Widodo, Rano Agustino, Dedi Setiadi

Abstract


Metaverse akan menjadi bentuk dari evolusi berikutnya dari internet, yang akan memicu evolusi dari kapitalisme. Metaverse akan membuka berbagai peluang baru untuk menghasikan uang, serta mengubah cara manusia dalam bersosialisasi, bekerja dan menjalankan bisnis.

profile SMA Angkasa 1 berbasis Metaverse  adalah  media internet  yang  dapat membantu suatu sekolah untuk memperkenalkan identitas serta kelebihan yang dimiliki pada sekolah yang bersangkutan  kepada  masyarakat luas melalui dunia metaverse. Dengan memanfaatkan kemajuan dan perkembangan metaverse pada profile SMA Angkasa 1dengan penampilan   menarik  dan  sesuai  dengan trend  yang ada.  

Maka dari itu profile SMA Angkasa 1 harus dapat mewakili serta mempresentasikan identitas tentang sekolah SMA Angkasa 1, sebab  era sekarang ini  adalah  era  metaverse. Peneliti bermaksud  mempromosikan profile SMA Angkasa 1 pada aplikasi berbasis metaverse. Selain  menarik perhatian, profile SMA Angkasa 1 dalam bentuk media  metaverse lebih  praktis.  

Seiring berkembangnya aktivitas belajar mengajar pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Angkasa 1, maka sekolah akan memanfaatkan teknologi metaverse  agar lebih cepat lebih mudah dalam mengakses kemampuan belajar bagi para siswa/i.  Metaverse adalah sebagai tempat sumber informasi dalam internet, supaya sebuah informasi dapat terbentuk dalam suatu database, maka diperlukan sebuah Augmented Reality, Virtual Reality& Video yang dinamis.

Kini, berbagai negara di dunia sudah mulai mengembangkan metaverse. Sebagai negara yang terbuka akan globalisasi Indonesia akan menghadapi transformasi digital ini. Penting bagi Indonesia dalam mempersiapkan diri menghadapi perkembangan teknologi metaverse. Tujuan dari penulisan ini untuk mempromosikan tentang sosialisasi literasi online tentang metaverse  di SMA Angkasa 1.


Full Text:

PDF

References


Falahah Suprapto. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta Pusat: Lentera Ilmu Cendekia.

Solichin, Achmad. 2016. Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Achmad Solichin.

Mulyani, S. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung.

Munawar. 2018. Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML ( Unified Modeling Language ). Informatika, Bandung.

Jurnal Yose Indarta. (2022). “Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan”. JURNAL BASICEDU. Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022. Halaman 3351 - 3363 Research & Learning in Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basicedu.

Jurnal Ilmawan Mustaqim. (2016). “ Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol.13, No.2, Juli 2016, Hal:174 ISSN 2541-0652.

Jurnal Ii Sopiandi, Deffy Susanti. (2022). “Menganalisis Informasi Metaverse Pada Game Online Roblox Secara Garis Besar”. Jurnal PETISI, Vol. 3, No. 1, Januari 2022 e-ISSN: 2721-6276.

Jurnal Ariesta Kartika Sari.(2020). “Pengembangan Kompetensi Guru SMKN 1 Labang Bangkalan melalui Pembuatan Media Pembelajaran Augmented Reality dengan Metaverse”. Jurnal Panrita Abdi, 2020, Volume 4, Issue 1. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi.

Sutrianto,dkk., Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2016.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v4i2.1276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mohammad Narji, Tata Sutabri, M. Amin Zakaria, Yohanes Bowo Widodo, Rano Agustino, Dedi Setiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats