Edukasi Peran Orangtua dalam Mendukung Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Melalui Asupan Gizi yang Optimal

Chandrayani Simanjorang, Ulya Qoulan Karima, Arga Buntara, Fathia Nurul Izza, Erlina Riyantiasis, Namira Adha

Abstract


Indonesia menjadi salah satu negara dengan permasalahan gizi pada anak Sekolah Dasar. Dengan demikian penerapan gizi seimbang di lingkungan sekolah dasar dapat menjadi salah satu upaya yang sangat penting dalam menurunkan prevalensi masalah gizi di Indonesia. Permasalah mittra (SD Islam Serambi Depok) diantaranya belum tersedianyan kantin sehat dan seringnya siswa tidak konsentrasi saat belajar karena belum sarapan. Oleh karena itu sangat diperlukan peran orangtua siswa terutama Ibu dalam menerapkan gizi seimbang bagi anak-anak mereka. Tujuan dari pengabdian ini adalah melakukan edukasi peran orangtua dalam mendukung kesehatan siswa sekolah dasar melalui asupan gizi seimbang. Metode yang digunakan yaitu ceramah dan diskusi dengan 12 orangtua siswa. Topik edukasi yang diberikan adalah 1) Gizi seimbang anak sekolah, 2) Nasihat dan Penguatan oleh Guru Tentang Gizi Seimbang. Media edukasi yang digunakan adalah materi dalam bentuk power point dan media leaflet. Evaluasi dilakukan pada tahap persiapan, pelaksanaan, dan peningkatan pengetahuan. Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan peserta dari rata-rara skor 39,58 menjadi 76,04. Dibutuhkan rencana tindak lanjut dari pihak sekolah dalam pembuatan program sarapan bersama dengan menu seimbang yang melibatkan para orangtua siswa.


Full Text:

PDF

References


Ansori, M. (2022). Pengaruh Penyuluhan Gizi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Stunting Pada Kelompok Masyarakat Di Desa Kelampaian Kecamatan Pontang Kabupaten Serang. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat Indonesia, 1(1), 1–4.

Arikunto S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Eka Saudur Sihombing, R. S. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Status Gizi Anak Usia Sekolah 6-12 Tahun Korban Erupsi Gunung Sinabung Di Perumahan Huntara Desa Kuta Tengah Kabupaten Karo Tahun 2019. Excellent Midwifery Journal, 3(1), 141–147.

Fachruddin Perdana, Siti Madanijah, I. E. (2017). Pengembangan Media Edukasi Gizi Berbasis Android Dan Website Serta Pengaruhnya Terhadap Perilaku Tentang Gizi. J. Gizi Pangan, 12(3), 169–178. https://doi.org/10.25182/jgp.2017.12.3.169-178

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Pedoman Gizi Seimbang (pp. 1–96).

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Laporan Nasional Riskesdas 2018.

Kementrian Pendidikan, Kebudaayan, Riset, dan T. (2022). Persiapkan Anak-anak Berprestasi Melalui Asupan Makanan Bergizi. Webinar. file:///C:/Users/ASUS/Documents/1. UPN/LITABMAS/Pengabdian/Proposal Pengabdian Bersama Ima/Artikel Pengmas 2/Referensi/Persiapkan Anak-anak Berprestasi Melalui Asupan Makanan Bergizi - Direktorat Sekolah Dasar.html

Nugraha, N. P., Auli, A., & Patima, I. (2021). Metode Edukasi Gizi Berbasis Komunitas Pada Anak Usia Sekolah : Telaah Literatur. Nahdah Purnah Nugraha, Ani Auli Ilmi1 Patima, 2(2), 118–134.

Nur Intania Sofianita, Eflita Meiyetriani, F. A. A. (2018). Intervensi Pendidikan Gizi Seimbang terhadap Pengetahuan ,. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 14(2), 54–64.

Palupi, K. C., Swasmilaksmita, P. D., Studi, P., Gizi, I., Kesehatan, F. I., Unggul, U. E., Kepa, D., & Jeruk, K. (2018). Edukasi gizi seimbang pada anak sekolah dasar di kecamatan cilincing jakarta utara 123.

Salimar;Sulistijowati, Asri;Kartono, D. (2010). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) Di Indonesia. Repositori Riset Kesehatan Nasional.

Soekidjo Notoatmodjo. (2010). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Rineka Cipta.

Sutanto Priyo Hastono. (2018). Analisis Data pada Bidang Kesehatan (3rd ed.). Rajawali Press.

Wicaksana, D. A., Nurrizka, R. H., Pembangunan, U., & Veteran, N. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi pada Anak Usia Sekolah di SDN Bedahan 02 Cibinong Kabupaten Bogor Tahun 2018 Factors Associated with Nutritional Status in School-Age Children in Bedahan 02 Cibinong Elementary School , Bogor Regency , 201. Jurnal IlmiahKesehatan Masyarakat, 11(1), 35–48. https://jikm.upnvj.ac.id/index.php/home/article/view/13/4




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v4i2.1267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Chandrayani Simanjorang, Ulya Qoulan Karima, Arga Buntara, Fathia Nurul Izza, Erlina Riyantiasis, Namira Adha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats