Penyuluhan Kesehatan dan Gizi Dengan Tema Masalah Gizi Kurang Pada Relawan Yayasan Bhatara Indonesia Tangerang Kota

Dahlia Nurdini, Slamet Santoso, Wiwit Wijayanti

Abstract


Faktor yang dapat memengaruhi status gizi pada anak umumnya dapat terjadi pula anak asuh yang berada di naungan yayasan seperti panti asuhan, dan yayasan sosial lainnya. Hal ini dapat disebabkan pengasuhan dan penyelenggaraan makana anak secara berkelompok berbeda dengan individu yang langsung oleh orangtuanya. Hal ini dapat berdampak pada perhatian serta asupan zat gizi yang menjadi berkurang sehingga berisiko malnutrisi atau gizi kurang pada anak. Anak-anak yang berada di bawah naungan lingkungan Yayasan Bhatara Indonesia adalah anak yati piatu serta dhuafa. Kelompok ini merupakan salah satu kelompok yang berisiko rawan pangan karena kurangnya ketersediaan pangan dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari serta kurangnya pemahaman tentang Kesehatan dan permasalahan gizi anak. Yayasan Bhatara Indonesia merupakan Yayasan yang bergerak di bidang sosial yang peduli akan kehidupan anak yatim, piatu dan dhuafa. Yayasan banyak mendapat dukungan dari para relawan dalam menjalankan programnya. Edukasi tentang menjaga Kesehatan bagi para relawan dibutuhkan agar tetap sehat dan optimal dalam menjalankan tugas sebagai relawan. Di samping itu, pengetahuan tentang permasalahan gizi kurang dibutuhkan agar dalam proses pengasuhan dan penyelenggaraan makanan bagi anak dhuafa, yatim piatu dapat berjalan lebih baik sehingga mengurangi dampak gizi kurang pada anak.

Kata kunci : Relawan yayasan, gizi kurang


Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI. 2018. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.

Leilani, A., Nurmalia, N., dan Patekkai, M. 2015. Efektivitas Penggunaan Media Penyuluhan (Kasus pada Kelompok Ranca Kembang Desa Luhur Jaya Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak Provinsi Banten). Jurnal Penyuluhan Kelautan dan Perikanan Indonesia. 9(1). p. 43-53

Rizkyana, N. R. 2017. Hubungan Pengetahuan, Perilaku Ibu, Asupan Energi, Protein, dan Lemak MP-ASI dengan Status Gizi Bayi usia 6-23 Bulan di UPT Puskesmas Cinere Depok Tahun 2017.

Sholikah, A. S., Rustiana, E. R., dan Yuniastuti, A. 2017. Faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi balita di pedesaan dan perkotaan. Public Health Perspective Journal, 2(1).

Asthama.2015. Panti Asuhan Anak Terlantar Di Kabupaten Magelang. Universitas Atma Jaya Yogyakarta. {E-Journal.uajy.ac.id diakses JO Juli 2016)

Fajar, Novinda Mutiara. 2017. Faktor Yang Paling Mempengaruhi Status Gizi Pada Anak Di Panti Sosial Asuhan Kota Palembang Dan Panti Asuhan Al – Hikmah. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang.

William. 2011. Gambaran Status Gizi Anak Di Panti Asuhan Yayasan Terima Kasih Abadi. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v3i1.1262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dahlia Nurdini, Slamet Santoso, Wiwit Wijayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats