PENYULUHAN PENTINGNYA KONSUMSI BUAH DAN SAYUR SERTA GIZI SEIMBANG PADA ANAK SEKOLAH

Wiwit Wijayanti, Ratna Mutu Manikam, Sarah Mardiyah, Parlin Dwiyana

Abstract


Indonesia berada dalam transisi epidemiologi, di satu sisi masih mengalami masalah gizi kurang, namun di sisi lain terjadi kegemukan dan peningkatan prevalensi penyakit tidak menular terkait gizi seperti diabetes mellitus, hipertensi, jantung koroner, dan stroke. Salah satu penyebab kegemukan atau obesitas pada anak adalah konsumsi sayur dan buah yang masih rendah. Dalam mengatasi dan mencegah permasalahan tersebut, pemerintah mengeluarkan Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) yang dapat diikuti oleh semua usia termasuk dengan anak sekolah. Konsep gizi seimbang tersebut sekaligus menggantikan “Empat Sehat Lima Sempurna” yang sudah banyak dikenal masyarakat. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang turut mengampanyekan konsep konsumsi buah dan sayur serta gizi seimbang dengan peserta kegiatan adalah anak sekolah. Anak sekolah merupakan salah satu kelompok yang rawan mengenai masalah gizi dan sedang mengalami pertumbuhan pesat. Upaya dalam meningkatkan kesadaran konsumsi buah dan sayuran serta gizi seimbang perlu dilakukan promosi gizi melalui komunikasi, informasi, dan edukasi. Dalam kegiatan ini menggunakan metode penyuluhan  konsumsi buah dan sayur serta gizi seimbang yang bertujuan agar anak sekolah dapat meningkatkan konsumsi buah dan sayur serta menerapkan prinsip gizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, A.S. 2016. Correlation between Consumption Pattern of Fruit and Vegetables with Risk of Obesity in Scholl-Age Children

Bourdeaudhuij ID, Velde St, Brug J, Due P, Wind M, Sandvik C, Maes L, Wolf A, Rodrigo CP, Yngve A et al. 2008. Personal, Social, and Environmental Predictors Of Daily Fruit And Vegetable Intake In 11-Year-Old Children In Nine European Countries. Eur J Clin Nutr. 62: 834-841.

Fibrihirzani H. 2012. Hubungan Antara Karakteristik Individu, Orang Tua, dan Lingkungan dengan Konsumsi Buah dan Sayur pada Siswa. Skripsi FKM UI

Kementerian Kesehatan RI. 2014. Pedoman Gizi Seimbang. Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.

Lathifuddin, M., Nurhayati, A., dan Patriasih, R. 2018. Pengetahuan “Buah dan Sayur” Sebagai Hasil Penyuluhan Gizi pada Siswa SD yang Mengalami Obesitas di Kota Bandung”. Media Pendidikan, Gizi dan Kuliner. 7(1). p. 45-53.

Mahmudah, U dan Yuliati, E. 2020. Edukasi Konsumsi Buah dan Sayur sebagai Strategi dalam Pencegahan Penyakit Tidak Menular pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Warta LPM. 24(1). p. 11-19

Wulansari, A., dan Chandra, F. 2019. Pentingnya Konsumsi Sayur dan Buah bagi Anak Sekolah di SDN 082/IV Sijenjang. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK). 1(2). p. 123-127.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v2i2.1259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wiwit Wijayanti, Ratna Mutu Manikam, Sarah Mardiyah, Parlin Dwiyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats