Pelatihan Pengembangan Kreatifitas Membuat Peluang Usaha di Bidang Multimedia pada SMA Santika Jakarta Timur

Sondang Sibuea, Yohanes Bowo Widodo, Dedi Setiadi, Reni Febrianti, Tata Sutabri, Mohammad Ikhsan Saputro, Ependi Ependi, Putu Tirta Sari Ningsih, Sutrisno Sutrisno, Muhammad Gusvarizon

Abstract


Perkembangan dunia bisnis sejalan dengan pertumbuhan teknologi yang makin pesat. Ada hubungan yang saling terkait antara pemanfaatan teknologi dengan bisnis. Begitupun dalam ranah multimedia, banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk membuat peluang  usaha. Secara sederhana, pengertian peluang usaha adalah kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan (keuntungan, uang, kekayaan) dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki. Peluang usaha ini menjadi hal yang paling krusial sebelum membuka usaha. Analisis peluang usaha adalah cara yang disusun oleh calon wirausahawan untuk menentukan apa saja yang hendak dilakukan di dalam persaingan bisnis. Menetapkan bidang usaha apa yang akan dibangun kerap kali menjadi permasalahan utama para wirausahawan, khususnya bagi mereka yang baru saja terjun di dunia wirausaha. Beberapa contoh Peluang usaha yang dapat dilakukan dengan teknologi adalah sebagai berikut: Menjual Hasil Kerajinan Online, Berjualan Camilan/Makanan online, Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Video Iklan, dll. Melihat masalah tersebut, kami dari Universitas Mohammad Husni Thamrin Fakultas Ekonomi dan Bisnis bersinergi dengan Fakultas Komputer mengadakan kegiatan  Pelatihan kepada siswa SMA Santika Jakarta Timur. Materi yang diberikan oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis berkaitan dengan kompetensinya, yaitu bagaimana mengembangkan kreatifitas membuat peluang usaha. Sedangkan materi yang diberikan oleh dosen Fakultas Komputer adalah agar siswa SMA Santika memahami Multimedia sebagai media untuk membuat Iklan, dan bagaimana membuat konten multimedia dengan memanfaatkan aplikasi yang sudah ada. Hasil produk Multimedia tersebut dapat ditawarkan kepada pelaku usaha untuk memasarkan usahanya melalui iklan berbasis Multimedia. Siswa SMA Santika dapat mengembangkan usaha antar lain pembuatan iklan apabila menguasai Ilmu Multimedia.

Full Text:

PDF

References


Hofstetter, F.T. (2001). Multimedia : Making it Work. 8th Edition. New York : McGraw-Hill.

Rahmi, A., & Fauzi, M.F. (2020). Membangkitkan Bisnis Kuliner Terdampak Covid-19 Melalui Multimedia. Prosiding Universitas AMIKOM Yogyakarta, 510 -515.

Rakib, M., Syam, A., Marhawati, & Dewantara, H. (2020). Pelatihan Merancang Bisnis Online di Masa Pandemi Bagi Mahasiswa. Jurnal Dedikasi. 22(2), 129 – 134.

Robin, Linda. (2001). Kitab Suci Komputer & Multimedia. Yogyakarta : Alberta.

Sumarni, Y. (2020). Pandemi Covid-19 : Tantangan Ekonomi dan Bisnis. Al-Intaj Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. 6(2), 46-58.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v4i2.1250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yohanes Bowo Widodo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats