Pemanfaatan Media Sosial dalam Digitalisasi bagi Pelaku UMKM di Desa Malangsari

Chaerur Rozikin, Ultach Enri, Muhammad Ihsan Muttaqin, Muhammad Luqman Ramadhani, Raden Jaka Umbaran, Muhammad Tegar Difa Alhaqi

Abstract


Digital marketing merupakan salah satu usaha untuk memasarkan atau mempromosikan sebuah produk melalui media internet agar bisa menjangkau konsumen maupun calon konsumen dengan cepat. Guna meningkatkan keunggulan bersaing, maka UMKM perlu meningkatkan adaptasi terhadap perkembangan teknologi pemasaran yang lagi berkembang saat ini, seperti kemampuan dalam bermedia sosial atau digital marketing. Dengan memberikan edukasi dan sosialisasi pada program kerja seminar yang dilaksanakan oleh mahasiswa untuk masyarakat yang sedang atau belum menjalankan bisnis UMKM di Desa Malangsari. Kecamatan Pedes Karawang. Kelompok KKN memberikan beberapa materi tentang sosial media dan online shop, packaging dan pemasaran, serta hukum konsumen dan penjual dalam menjalankan perdagangan.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92.

Asiyah, siti, dkk. 2022. Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.3 (2) : 442-448

Alfarisi, Muhamad Salman. 2021. Pelatihan Pemasaran Syariah Berbasis Digital Bagi Pelaku UMKM Di Kelurahan Mekarsari Cileungsi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani. Vol.1 (1) : 1-5

Hendriadi, Ade Andri. 2019. Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol.4 (2) : 120-124

Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119.

Rahmana, Arief. 2009. Peranan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009). Yogyakarta, 20 Juni 2009. Pp (B11-15)

Ridwan, I. M., Fauzi, A., Aisyah, I., Susilawati, & Sofyan, I. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 137–142.

Setiawa, Budi. 2018. Edukasi E-Commerce Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri. Vol.2 (2) : 106-110




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v4i2.1212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ultach Enri enri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats