Peningkatan Pengetahuan Lansia tentang Penyakit Degeneratif di Wilayah Kampung Tengah Kramat Jati

Bazzar Ari Mighra, Wahyuningsih Djaali

Abstract


Lansia merupakan penduduk berisiko tinggi untuk terjadinya berbagai macam penyakit degeneratif, antara lain stroke, hipertensi, dan diabetes melitus. Kurangnya informasi dan pengetahuan lansia mengenai penyakit degeneratif, pola hidup sehat, dan pola pencegahan dini, merupakan penyebab utama tingginya angka kejadian komplikasi penyakit pada lansia. Ketidakterjangkauan lansia terhadap akses pelayanan kesehatan lansia juga merupakan faktor penghambat lansia dan keluarga untuk mendapatkan informasi terkait penyakit tersebut. Tujuan kegiatan ini secara umum adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui peningkatan pengetahuan lansia tentang penyakit degeneratif di wilayah Kampung Tengah, dan secara khusus adalah (1) memberikan pengetahuan kepada lansia tentang penyakit stroke, hipertensi, dan diabetes mellitus (2) memberikan pengetahuan kepada lansia tentang cara pencegahan dan penanganan penyakit stroke, hipertensi, dan diabetes melitus. Metode kegiatan yang dilakukan pada kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, praktek dan pendekatan edukasi. Dari hasil kegiatan penyuluhan yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan lansia tentang penyakit stroke, hipertensi dan diabetes melitus di wilayah Kampung Tengah dengan perbedaan nilai rerata pengetahuan sebesar 3,2. Selain itu terlihat pada antusias lansia dalam sesi diskusi dan tanya jawab menunjukkan bahwa rasa ingin tahu lansia terhadap kesehatannya cukup tinggi. Pengetahuan mengenai penyakit-penyakit degeratif ini sangat diperlukan agar lansia dapat secara mandiri menjaga kesehatannya.


Keywords


elderly, degenerative diseases, stroke, hypertension, diabetes mellitus.

Full Text:

PDF

References


Andria, K. M. (2013). Hubungan antara perilaku olahraga, stress dan pola makan dengan tingkat hipertensi pada lanjut usia di posyandu lansia Kelurahan Gebang Putih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Jurnal Promkes, 1(2), 111-117.

Armiyati, Y., Soesanto, E., & Hartiti, T. (2014). Pemberdayaan Kader Posbindu Lansia Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Lansia di Desa Kangkung Demak. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional & Internasional.

Jamal, S., Hestining, P., & Raharni, R. (2000). Karakteristik Lansia yang Dirawat di Rumah Sakit Kelas A dan B. Buletin Penelitian Kesehatan, 28(1).

Majid, Y. A., & Susanti, E. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Kalender terhadap Peningkatan Pengetahuan Lansia tentang Penatalaksanaan Rematik. Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 9(1).

Nelwan, J. E. (2019). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Perubahan Pengetahuan Masyarakat Tentang Hipertensi Di Kota Manado. Journal Public Health Without Border, 1(2).

Nisak, R., Maimunah, S., & Admadi, T. (2018). Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Deteksi Dini dan Pengendalian Penyakit Degeneratif pada Lansia di Dsn Karang Pucang, Ds. Ngancar, Kec. Pitu Wilayah Kerja Puskesmas Pitu Kabupaten Ngawi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 4(2), 59-63.

RI, K. K. (2013). Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v1i2.121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bazzar Ari Mighra, Wahyuningsih Djaali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats