Peningkatan Kapasitas Usaha melalui Pelatihan Pemasaran Online Produk UMKM Kecamatan Cibinong dengan Aplikasi Tiktok

Novitasari Novitasari, Rodiana Listiawati, Hastuti Redyanita, Heri Abrianto, Jhonny Marbun, Atyanto Mahatmyo

Abstract


ABSTRAK

Pemasalahan utama yang dihadapai oleh pelaku UMKM di Kecamatan Cibinong adalah dalam hal pemasaran produk. Masih minimnya pengetahuan dan keterampilan UMKM dalam penggunaan pasar online, membuat pemasaran produk UMKM masih terbatas. Kegiatan pengabdian masyarakat Program Studi DIII Keuangan dan Perbankan PNJ bertujuan untuk membantu mitra memanfaatkan gadget yang dimilikinya sebagai alat pemasaran poduk dan mengoptimalkan pemasaran online untuk meningkatkan omzet penjualan dengan menggunakan aplikasi TikTok. Pelatihan dilaksanakan di Gedung Bappedalitbang Kabupaten Bogor pada tanggal 9 Agustus 2022 dengan peserta pelatihan sejumlah 25 mitra. Pelaksanaan pelatihan meliputi (1) penjelasan mengenai alasan menggunakan TikTok, (2) pemaparan materi mengenai cara membuat akun di TikTok, upload foto/video produk, menambahkan musik dan narasi promosi pada foto/video produk, (3) peserta pelatihan praktik membuat akun di TikTok dengan didampingi dan dipandu oleh panitia. Diharapkan dari kegiatan pelatihan ini para pelaku UMKM di Kecamatan Bogor dapat memiliki pengetahuan dasar dan keterampilan mengenai cara memperluas pemasaran produk yang nantinya dapat meningkatkan omzet penjualannya.

 

Kata Kunci: pemasaran, TikTok, promosi, online

 

ABSTRACT

The main problem faced by MSME doer in Cibinong District is in terms of product marketing. The lack of knowledge and skills of MSMEs in using the online market, make the marketing of MSME products still limited. PNJ's DIII Finance and Banking Study Program community service activities aim to help partners utilize their gadgets as product marketing tools and optimize online marketing to increase sales turnover using the TikTok application. The training was held at the Bappedalitbang Building, Bogor Regency on August 9, 2022 with 25 training partners participating. The implementation of the training includes (1) an explanation of the reasons for using TikTok, (2) presentation of material on how to create an account on TikTok, upload product photos/videos, add music and promotional narration to product photos/videos, (3) practice training participants to create an account on TikTok,  accompanied and guided by the committee. It is hoped that from this training activity, MSME doer in Bogor District can have basic knowledge and skills on how to expand product marketing which can later increase sales turnover.

 

Keywords: marketing, TikTok, promotion, online


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Kementerian Koordinator Perekonomian RI, “UMKM Menjadi Pilar Penting Dalam Perekonomian Indonesia,” ekon.go.id, 2021. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia.

Kompas, “Gandeng Marketplace Pemerintah Ajak UMKM Muai Berjualan Online,” biz.kompas.com, Apr. 2018.

T. Pradiani, “Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan,” J. Ilm. Bisnis dan Ekon. Asia, vol. 11, no. 2, pp. 46–53, 2018, doi: 10.32812/jibeka.v11i2.45.

R. Priatama, I. H. Ramadhan, A.- Zuhaida, A. Akalili, and F. Kulau, “Analisis Teknik Digital Marketing Pada Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial),” SOCIA J. Ilmu-Ilmu Sos., vol. 18, no. 1, pp. 49–60, 2021, doi: 10.21831/socia.v18i1.40467.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v4i2.1176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Novitasari Novitasari, Rodiana Listiawati, Hastuti Redyanita, Heri Abrianto, Jhonny Marbun, Atyanto Mahatmyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats